Resume 8



Struktur Organisasi
Pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.
Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan


Dimensi Organisasi

Formalisasi
Spesialisasi
Standardisasi
Sentralisasi
Hirarki Kekuasaan (Otoritas)

Pengaruh Lingkungan Dalam Struktur Organisasi
Kompleksitas
Profesionalisme
Konfigurasi
Kompleksitas Struktur Organisasi
Peredam (Buffers)
Elemen-elemen Perbatasan (Boundary Spanning
Differensiasi dan Integrasi

Rentang Kendali
Sering disebut juga Span of Management, Span of Executive atau Span of Authority.
Adalah batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara effektif oleh
seorang manager.

Pentingnya Rentang Kendali
Keterbatasan waktu
Keterbatasan pengetahuan
Keterbatasan kemampuan
Keterbatasan perhatian
   Rentang Kendali setiap pemimpin / manager tidak sama (relatif)

Faktor yang Membatasi Rentang Kendali
Sifat dan terperincinya rencana
Latihan-latihan dalam perusahaan
Posisi Manager dalam perusahaan
Dinamis & Statisnya Organisasi
Efektivitas Komunikasi
Tipe pekerjaan yang dilakukan

                   Kelebihan Flat Organization

          Tingkatan manager sedikit, biaya-biaya yang terkait dengan jabatan relatif kecil.

          Jalur perintah dan tanggung jawab pendek, komunikai lebih efektif, hambatan lebih mudah diatasi.
          Hambatan birokrasi dapat dihindari, pekerjaan dapat lebih cepat.
Kelemahan Flat Organization
          Koordinasi sulit dilakukan, Mengkoordinasi bawahan yang banyak relatif lebih sulit.
          Pembinaan dan kontrol kurang efektif.
          Spesialisasi tugas kurang mendalam
Keunggulan Tall Organization
          Koordinasi lebih mudah dilakukan
          Pembinaan dan kontrol lebih efektif
          Spesialisasi tugas lebih mendalam.
Kelemahan Tall Organization
          Biaya-biaya yang berkaitan dengan jabatan lebih besar.
          Birokrasi semakin panjang.
          Jalur perintah dan tanggung jawab lebih panjang.
Bentuk Struktur Organisasi
          Struktur Fungsional
Kelebihan
          Paling sesuai untuk lingkungan yang stabil
          Dapat mencapai skala ekonomis pada masing-masing bagian.
          Merangsang berkembangnya keterampilan yang bersifat fungsional.
          Sesuai untuk organisasi berukuran kecil sampai sedang.
          Baik bagi organisasi yang menghasilkan satu atau sejumlah kecil jenis produk.
Kekurangan
          Respon organisasi terhadap perubahan kondisi lingkungan agak lambat.
          Pengambilan keputusan menumpuk pada puncak organisasi.
          Koordinasi antar bagian / fungsi tidak terlalu baik.
          Inovasi terbatas
          Pandangan terhadap sasaran organisasi agak terbatas, anggota organisasi cenderung hanya memperhatikan sasaran bagiannya sendiri.
          Struktur Produk
Kelebihan
          Paling sesuai untuk lingkungan yang tidak stabil dengan perubahan cepat.
          Penanggung jawab produk jelas.
          Koordinasi antar fungsi baik.
          Mudah beradaptasi dengan tuntutan luar.
          Sesuai untuk organisasi berukuran besar.
          Baik bagi organisasi yang menghasilkan banyak jenis produk.
Kelemahan
          Tidak mampu mencapai efisiensi ekonomis
           Koordinasi antar produk sulit
          Keahlian teknis hilang karena tidak ada spesialisasi fungsional.
          Integrasi ataupun standardisasi antar produk sulit tercapai.

          Struktur Matriks
Kelebihan
          Mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan.
          Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel.
          Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
          Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.
Kekurangan
          Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan.
          Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi.
          Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.







Categories: Share

Leave a Reply

Total Pageviews

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Minggu, 25 Desember 2011

Resume 8

Diposting oleh Zeniwahyu di 8:59:00 PM


Struktur Organisasi
Pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.
Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan


Dimensi Organisasi

Formalisasi
Spesialisasi
Standardisasi
Sentralisasi
Hirarki Kekuasaan (Otoritas)

Pengaruh Lingkungan Dalam Struktur Organisasi
Kompleksitas
Profesionalisme
Konfigurasi
Kompleksitas Struktur Organisasi
Peredam (Buffers)
Elemen-elemen Perbatasan (Boundary Spanning
Differensiasi dan Integrasi

Rentang Kendali
Sering disebut juga Span of Management, Span of Executive atau Span of Authority.
Adalah batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara effektif oleh
seorang manager.

Pentingnya Rentang Kendali
Keterbatasan waktu
Keterbatasan pengetahuan
Keterbatasan kemampuan
Keterbatasan perhatian
   Rentang Kendali setiap pemimpin / manager tidak sama (relatif)

Faktor yang Membatasi Rentang Kendali
Sifat dan terperincinya rencana
Latihan-latihan dalam perusahaan
Posisi Manager dalam perusahaan
Dinamis & Statisnya Organisasi
Efektivitas Komunikasi
Tipe pekerjaan yang dilakukan

                   Kelebihan Flat Organization

          Tingkatan manager sedikit, biaya-biaya yang terkait dengan jabatan relatif kecil.

          Jalur perintah dan tanggung jawab pendek, komunikai lebih efektif, hambatan lebih mudah diatasi.
          Hambatan birokrasi dapat dihindari, pekerjaan dapat lebih cepat.
Kelemahan Flat Organization
          Koordinasi sulit dilakukan, Mengkoordinasi bawahan yang banyak relatif lebih sulit.
          Pembinaan dan kontrol kurang efektif.
          Spesialisasi tugas kurang mendalam
Keunggulan Tall Organization
          Koordinasi lebih mudah dilakukan
          Pembinaan dan kontrol lebih efektif
          Spesialisasi tugas lebih mendalam.
Kelemahan Tall Organization
          Biaya-biaya yang berkaitan dengan jabatan lebih besar.
          Birokrasi semakin panjang.
          Jalur perintah dan tanggung jawab lebih panjang.
Bentuk Struktur Organisasi
          Struktur Fungsional
Kelebihan
          Paling sesuai untuk lingkungan yang stabil
          Dapat mencapai skala ekonomis pada masing-masing bagian.
          Merangsang berkembangnya keterampilan yang bersifat fungsional.
          Sesuai untuk organisasi berukuran kecil sampai sedang.
          Baik bagi organisasi yang menghasilkan satu atau sejumlah kecil jenis produk.
Kekurangan
          Respon organisasi terhadap perubahan kondisi lingkungan agak lambat.
          Pengambilan keputusan menumpuk pada puncak organisasi.
          Koordinasi antar bagian / fungsi tidak terlalu baik.
          Inovasi terbatas
          Pandangan terhadap sasaran organisasi agak terbatas, anggota organisasi cenderung hanya memperhatikan sasaran bagiannya sendiri.
          Struktur Produk
Kelebihan
          Paling sesuai untuk lingkungan yang tidak stabil dengan perubahan cepat.
          Penanggung jawab produk jelas.
          Koordinasi antar fungsi baik.
          Mudah beradaptasi dengan tuntutan luar.
          Sesuai untuk organisasi berukuran besar.
          Baik bagi organisasi yang menghasilkan banyak jenis produk.
Kelemahan
          Tidak mampu mencapai efisiensi ekonomis
           Koordinasi antar produk sulit
          Keahlian teknis hilang karena tidak ada spesialisasi fungsional.
          Integrasi ataupun standardisasi antar produk sulit tercapai.

          Struktur Matriks
Kelebihan
          Mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan.
          Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel.
          Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
          Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.
Kekurangan
          Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan.
          Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi.
          Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.







0 komentar on "Resume 8"

Posting Komentar